IMPLEMENTASI TEACHING FACTORY DI PONDOK PESANTREN WIRAUSAHA FATIMAH AR-ROYYAN KARANGANYAR

DOI:

https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.185

Keywords:

teaching factory, wirausaha, pondok pesantren, pemuda putus sekolah

Abstract

Pondok Pesantren Wirausaha Fatimah Ar-Royyan mengajarkan teori dan praktek kepada santri-santrinya agar mampu mandiri berwirausaha. Selama proses belajar mengajar, hasil praktek santri baik kain maupun kertas tidak termanfaatkan dengan baik dan lebih banyak yang menjadi sampah, padahal biaya BHP (Bahan Habis Pakai) praktek desain grafis dan sablon cukup tinggi. Oleh karena itu, penerapan konsep teaching factory pada pondok pesantren ini sangat penting. Implementasi teaching factory adalah dengan menjadikan materi pelajaran praktek santri sebagai pengerjaan pesanan dari pelanggan atau produk yang bisa dijual. Langkah-langkah penerapan konsep teaching factory adalah sebagai berikut: (1) memberi pelatihan dan pendampingan konsep teaching factory, (2) merancang bangun alat-alat sablon kaos, (3) memberi bantuan fasilitas desain grafis, (4) menguruskan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), (5) merancangkan logo, iklan, materi promosi dan papan nama. Hasil implementasi teaching factory, Kegiatan Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Wirausaha Fatimah Ar-Royyan bisa menghemat BHP bahkan bisa menghasilkan keuntungan finansial. Dengan keuntungan finansial ini, Pondok Pesantren Wirausaha Masjid Fatimah Ar Royyan bisa tetap gratis dan bisa meningkatkan kapasitas santrinya sehingga semakin banyak pemuda-pemuda putus sekolah dan dari keluarga tidak mampu bisa menimba ilmu keterampilan dan kewirausahaan.

References

Chryssolouris G., Mavrikios D., Papakostas N., Mourtzis D. Education in Manufacturing Technology & Science: A view on Future Challenges & Goals. Proceedings of the International Conference on Manufacturing Science and Technology Inaugural Keynote, Melaka, Malaysia. 2006:1-4.

Mavrikios D., Papakostas N., Mourtzis D., Chryssolouris G. On industrial learning & training for the Factories of the Future: A conceptual, cognitive & technology framework. Journal of Intelligent Manufacturing Special Issue on Engineering Education 2013;24:473-485. DOI: https://doi.org/10.1007/s10845-011-0590-9.

Mavrikios D., Georgoulias K., Chryssolouris G., The Teaching Factory Paradigm: Developments and Outlook. Procedia Manufacturing 2018;23:1-6. DOI: https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.04.029.

Chryssolouris G., Mavrikios D., Rentzos L. The Teaching Factory: A Manufacturing Education Paradigm. Procedia CIRP 2016;57:44-48. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.11.009.

Mourtzis D., Milas N., Fotia S., Vlachou A. Development of Skills and Competences in Manufacturing towards Education 4.0: A Teaching Factory approach 2018:194-210. DOI: 10.1007/978-3-319-89563-5_15.

D. Mourtzis, Zogopoulos V., Vlachou E. Augmented Reality supported Product Design towards Industry 4.0: a Teaching Factory paradigm. Procedia Manufacturing 2018; 23: 207-212. DOI: https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.04.018.

Mavrikios D., Georgoulias K., Chryssolouris G. The Teaching Factory Network: A new collaborative paradigm for manufacturing education. Procedia Manufacturing 2019;31:398-403. DOI: https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.03.062.

https://uprint.id/blog/desain-grafis/

https://a-creative.id/periklanan-digital-advertising/

Published

2022-05-27

How to Cite

IMPLEMENTASI TEACHING FACTORY DI PONDOK PESANTREN WIRAUSAHA FATIMAH AR-ROYYAN KARANGANYAR. (2022). Abdi Masya, 1(4), 200-210. https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.185

Issue

Section

Pengabdian Masyarakat