Peningkatan Kualitas Juru Las Bengkel Las Rumah Tangga Melalui Pelatihan Dan Sertifikasi

Authors

  • Triyono Universitas Sebelas Maret
  • Sukmaji Indro Cahyono Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Nurul Muhayat Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.52561/abma.v1i2.136

Keywords:

Juru las, sertifikasi, ISO 9606-1, bengkel las

Abstract

Banyak juru las industri rumah tangga yang bisa mengelas secara otodikdak namun tidak menguasai teknik pengelasan yang sesuai standard yang ditetapkan oleh asosiasi pengelasan. Untuk itu, tim pengabdian kepada masyarakat Jurusan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta bekerja sama dengan Inlastek Welding Institute Surakarta malaksanakan pelatihan juru las untuk meningkatkan mutu produk bengkel las rumah tangga. Pelaksanaan pelatihan pengelasan ini dilakukan dengan standard ISO 9606-1-2013. Pelatihan pengelasan ini dilakukan selama 2 hari di mana materi pelatihan teori diajarkan oleh tim pengabdi UNS karena mempunyai sertifikat Welding Engineer sedangkan materi pelatihan praktek dan uji sertifikasi dilakukan di Inlastek Welding Institute. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan pengelasan terutama pengelasan dalam mengelas pelat yang tebal. Selain itu, juru las juga menjadi mengenal jenis-jenis teknik pengelasan yang lebih canggih daripada teknik pengelasan yang ada di bengkelnya.

References

Kurniawan, Ipung. "Pelatihan Las Listrik Dasar untuk Masyarakat Usia Produktif Lingkungan Rw 10 Desa Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap." Journal of Appropriate Technology for Community Services 1, no. 2 (2020): 91-99.

K. Easterling, Introduction to the Physical Metallurgy of Welding, Butterworth Heinemann, 1992.

S. Kou, Welding Metallurgy, Wiley Pub., 2003.

Azwinur, Azwinur, Marzuki Marzuki, and Anwar Anwar. "Pelatihan Las Argon Untuk Pekerja Usaha Bengkel Las Masyarakat Gampong Mesjid Punteuet Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Masyarakat." Jurnal Vokasi 2, no. 1 (2018): 40-44.

Amalia, Iin, Irwan Djumena, and Suherman Suherman. "UUpaya Instruktur dalam Memberdayakan Warga Binaan melalui Pelatihan Las Smaw." Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 2, no. 2 (2018).

Published

2021-05-28

How to Cite

Triyono, Cahyono, S. I., & Muhayat, N. (2021). Peningkatan Kualitas Juru Las Bengkel Las Rumah Tangga Melalui Pelatihan Dan Sertifikasi . Abdi Masya, 1(2), 92-102. https://doi.org/10.52561/abma.v1i2.136

Issue

Section

Pengabdian Masyarakat