Pelatihan Dasar Gambar Teknik Dengan Perangkat Lunak CAD Dalam Proses Perancangan

Authors

  • Sukmaji Indro cahyono universitas sebelas maret
  • Triyono Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.52561/abma.v1i2.135

Keywords:

Perancangan, desain CAD, manufaktur las, gambar teknik

Abstract

Usaha bengkel las di Wilayah Jaten Karanganyar sebagian besar mengerjakan kontruksi kecil hingga sedang dan belum mampu mendapatkan proyek besar. Permasalahan utama yang dihadapi adalah desain yang diinginkan konsumen hanya dibuat sket gambar manual seadanya tanpa mengukuti kaidah gambar teknik standar ISO dan tanpa melalui proses perancangan, sehingga estimasi biaya dan kebutuhan bahan hanya perkiraan saja dengan kata lain tidak standar. Selain itu dalam proses pembuatan produk, terjadi banyak kesalahan pengukuran sehingga pemotongan dan penggunaan bahan tidak effesien. Tujuan menjadi fokus utama PKM ini adalah pengenalan proses perancangan, pelatihan dan pendampingan penggunaan perangkat lunak CAD dalam mendesain dan merancang produk yang dikerjakan dengan proses pengelasan. Mitra utama program pengabdian ini adalah juru las dan warga sekitar terutama warga lulusan sekolah vokasi/SMK untuk berkolaborasi dengan mengangkat studi kasus merancang dan mendesain pembuatan Gazebo masjid Fatimah Ar-Royyan Jaten karanganyar. Metode yang dipilih pada proses pengabdian demi tercapainya tujuan pengabdian adalah kolaborasi interaktif, yang dibantu dengan media animasi manufaktur dan detail gambar Teknik standar ISO.  Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah tumbuhnya minat warga yang ingin mempelajari dan menguasai pengoperasian perangkat lunak desain CAD. Evaluasi secara keseluruhan terjadi peningkatan interaksi antara mitra pembuat (juru las dengan Mitra konsumen) dengan adanya peresentasi visual gambar 3D maupun gambar teknik, dan terjadi efesiensi penggunaan bahan dan proses yang lebih baik sehingga keuntungan proses jasa manufaktur proses las meningkat.

References

DAFTAR PUSTAKA

B. Binyamin, M. N. Asnan, B. B. Prasetyo, and D. F. Ledau, “Program Pelatihan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi AutoCAD di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda,” J. Pesut Pengabdi. untuk Kesejaht. Umat, vol. 2, no. 1, pp. 52–61, 2020.

S. Shedriko, H. S. Setiawan, and K. Kusmayadi, “Pelatihan Perangkat Lunak Powerpoint untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD dan SMP 19 Muhammadiyah Sawangan Depok,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 02, pp. 151–158, 2018.

R. Rais, I. Afriliana, and E. Budihartono, “Peningkatan Ketrampilan Multimedia CorelDraw Di SMK Assalafiyah kota Tegal,” J. Abdimas PHB J. Pengabdi. Masy. Progresif Humanis Brainstorming, vol. 1, no. 1, pp. 55–61, 2017.

L. Angriani and A. R. Dayat, “PKM Peningkatan kompetensi guru dan siswa melalui pelatihan pemrograman dan jaringan komputer pada sekolah menengah kejuruan di Kota Jayapura,” J. Abdimas, vol. 23, no. 2, pp. 92–98, 2019.

S. Sugiyanto and J. Trisnowati, “Rancang Bangun Mesin Perajang Kerupuk Jengkol untuk Meningkatkan Pendapatan UKM,” J. Engine Energi, Manufaktur, dan Mater., vol. 2, no. 2, pp. 25–30, 2018.

E. Pei, I. Campbell, and M. Evans, “A taxonomic classification of visual design representations used by industrial designers and engineering designers,” Des. J., vol. 14, no. 1, pp. 64–91, 2011.

E. Harisun, “SOSIALISASI DAMPAK KERUSAKAN RUMAH PASCA GEMPA DI DESA TAWA,” J. Pengamas, vol. 3, no. 1, pp. 22–30, 2020.

U. Pudjianto, A. K. Adisusilo, L. Retnawati, and N. Saurina, “PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK MUSLIMAT NU SURABAYA DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK),” Adimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 22–28, 2020.

Z. Apriliani, U. Hasanah, and A. S. Anas, “Pembuatan Video Profil dengan Efek Vintage Kampung Wisata Adat Sengkoah sebagai Media Informasi,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 1, pp. 57–65, 2019.

Published

2021-05-28

How to Cite

cahyono, S. I., & Triyono. (2021). Pelatihan Dasar Gambar Teknik Dengan Perangkat Lunak CAD Dalam Proses Perancangan . Abdi Masya, 1(2), 83-91. https://doi.org/10.52561/abma.v1i2.135

Issue

Section

Pengabdian Masyarakat